Rkoffy

Tips Cetak Buku

Ilustrasi cetak buku

Buku banyak jenis dan macamnya. Orang bisa memesan cetak buku yasin atau cetak buku tahunan murah, bank juga bisa cetak buku tabungan, lalu penulis memesan cetak buku yang ditulisnya dalam berbagai jenis genre topik tulisan dan lain sebagainya. Buku cetak masih diperlukan karena meski telah ada teknologi e book namun seringkali dirasa kurang nyaman bagi mata oleh beberapa pembacanya, juga membuat kurang fokus dalam membaca, berbeda dengan jika membaca buku cetak. Hal ini karena mudah teralihkan oleh beberapa pop up atau iklan atau informasi lain yang seringkali muncul ketika sedang membaca e book. Oleh karenanya buku cetak masih cukup banyak peminatnya. Berikut ini ialah tips dan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak melakukan cetak buku.

Jumlah Cetak atau Jumlah Buku

Ada beberapa perusahaan cetak buku tahunan murah yang mensyaratkan minimal cetak sejumlah tertentu, tapi ada juga perusahaan cetak buku yang membolehkan memesan cetak buku tahunan murah meski hanya 1 buah saja. Pilih yang sesuai kebutuhan. Terkait dengan biaya cetaknya maka semakin banyak pesanan cetak buku nya maka akan semakin murah biaya cetak per satuan buku nya, dan semakin sedikit atau kecil pesanan cetak bukunya maka akan semakin tinggi atau mahal biaya cetak per satuan bukunya.

Jenis dan Ketebalan Kertas

Jenis kertasnya juga beragam, begitu juga dengan tingkat ketebalannya, pilih sesuai kebutuhan dan selera. Ukuran ketebalan kertas biasanya dinyatakan dalam gram.

Jumlah Halaman Buku

Lalu tentukan juga tingkat ketebalan bukunya, atau jumlah halamannya. Besar kecilnya ukuran dan jenis huruf tulisan akan menentukan jumlah halaman. Semakin banyak jumlah halaman maka akan semakin tinggi biaya cetaknya.

Warna Cetakan

Buku bisa dicetak dalam aneka warna ataupun hitam putih. Cetak warna tentunya biayanya akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan cetak hitam putih.

Jenis Cover

Buku bisa dicetak dalam hardcover secara eksklusif atau cetak cover biasa dengan kertas tebal sebagai sampulnya. Bisa kertas doff atau kertas glow. Jenis dan tingkat ketebalan kertas sampul buku juga bervariasi.

Jenis Jilid

Cara jilid buku juga terdapat beberapa pilihan. Buku bisa dijahit dan dilem lalu dipress atau dijilid dengan semacam ring yang bahannya juga bervariasi, ada yang terbuat dari logam atau plastik dan lain sebagainya.

Metode Cetaknya

Dalam mencetak buku maka bisa dipilih metode cetak sebagai berikut, yang masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri.

Cetak Offset Printing

Mampu mencetak dalam jumlah besar dengan secara konsisten kualitasnya tanpa mengalami degradasi hasil cetak.

Semakin banyak mencetak semakin murah biaya cetaknya untuk per satuan halaman cetaknya.

Ada minimal cetak

Waktu cetak bisa lebih lama, karena perlu melewati serangkaian tahapan proses pra cetak, yakni mulai dari proses imposisi, lalu proses proofing, kemudian proses pembuatan plate, dan proses penyusunan, lalu proses penglipatan dan lain seterusnya.

Cetak Digital Printing

Lebih Cepat dan Mudah

Biaya Cetak bisa lebih 10 kali lipat

Tidak bisa cetak sekaligus banyak

Mencetak buku kini sudah bisa dilakukan juga secara cetak buku online. Tinggal kirim naskah pdf nya lewat email, maka buku pesanan akan dikirimkan ke alamat pemesanan.

Tips Cetak Buku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top