Rkoffy

Pengertian Electric Fryer

Illustrasi Electric Deep Fry

Mendengar istilah electric fryer mungkin masyarakat umum belum terlalu familiar. Walaupun sebenarnya, alat penggorengan yang satu ini sudah banyak digunakan.  Terutama bagi para pebisnis yang bergerak dibidang kuliner. Berikut ini adalah penjelasannya. 

Apa Itu Electric Fryer?

Electric fryer merupakan salah satu alat penggorengan yang belakangan ini banyak digunakan.  Mungkin masyarakat hanya mengenal alat penggorengan yang biasa saja. Sehingga tidak terlalu butuh alat penggorengan yang beraneka ragam. 

Namun bagi dunia bisnis,  khususnya bisnis kuliner alat penggorengan seperti deep fryer sudah sering digunakan.  Bahkan bisa dikatakan bahwa hampir semua bisnis kuliner mengandalkan deep fryer ini.  Hal ini karena deep fryer memang menawarkan banyak sekali manfaat dan juga kelebihan. 

Pada dasarnya electric fryer merupakan sebuah alat penggorengan yang memiliki fungsi sama dengan alat penggorengan pada umumnya. Yang membedakan deep fryer dengan alat penggorengan lain adalah dimana deep fryer ini memiliki sebuah bak untuk menampung adonan yang akan digoreng. 

Dengan cara ini,  maka adonan akan tergoreng secara merata sehingga tentunya hasil dan juga kualitas makanan yang digoreng akan lebih sempurna.  Alat penggorengan yang satu sudah banyak digunakan oleh bisnis kuliner seperti restoran. Sebagai contohnya adalah bisnis fried chicken seperti KFC maupun Mac Donald.

Ketika anda membeli ayam goreng atau fried chicken di kedua restoran yang telah disebutkan diatas,  pastinya anda akan mendapatkan ayam goreng yang tak hanya gurih,  namun juga renyah dan tergoreng dengan sempurna hingga ke bagian dalam. 

Hal ini karena proses penggorengan ayam dilakukan dengan menggunakan deep fryer.  Sehingga semua bahan terendam minyak di dalam bak penggorengan, daging akan matang secara merata serta krispy di bagian luarnya. 

Hal inilah yang menyebabkan kualitas ayam gorengnya lebih renyah dan bumbu bisa meresap hingga ke dalam. Sehingga rasa dan aromanya lebih nikmat karena matang sempurna. 

Perbedaan Electric Fryer Dan Gas Fryer

Perlu diketahui bahwa alat penggorengan yang sering digunakan oleh restoran – restoran besar adalah deep fryer. Dan tahukah anda bahwa deep fryer ini terdiri dari 2 macam yaitu electric fryer dan gas fryer.  Apa perbedaan keduanya?  Berikut adalah penjelasannya. 

  • Asal Sumber Panas

Untuk membedakan mesin penggorengan elektrik dan gas sebenarnya bisa dilihat dari sumber panasnya. Sesuai dengan namanya, penggorengan elektrik menggunakan energi listrik sebagai sumber panasnya.

Dengan kata lain,  anda hanya perlu menyambungkan penggorengan elektrik (electric fryer) ini dengan listrik. Kemudian nantinya minyak dalam alat penggorengan akan berubah menjadi panas secara otomatis.  

Sedangkan untuk penggorengan gas (gas fryer) ini memanfaatkan gas sebagai sumber panasnya.  Anda bisa menggunakan gas LPG seperti kompor pada umumnya. 

  • Komponen Mesin

Penggorengan elektrik memiliki sebuah komponen khusus yang nantinya akan menghantarkan panas setelah terhubung dengan energi listrik.  Hal inilah yang akan membuat minyak menjadi panas hingga siap untuk menggoreng. 

Sedangkan untuk penggorengan gas ini bisa dikatakan memiliki komponen yang hampir serupa dengan kompor gas pada umumnya.  Pada mesin penggorengan ini terdapat tombol untuk memantik api agar api menyala. 

Dari penjelasan diatas,  maka sudah jelas bahwa alat penggorengan modern khususnya yang berjenis elektrik kian diminati mengingat sederet manfaat yang ditawarkan.

Pengertian Electric Fryer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top