Rkoffy

4 Keuntungan Ketika Anda Mengajukan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Ilustrasi pinjaman

Salah satu jenis pinjaman dengan agunan, yang banyak digunakan oleh para nasabah, terutama yang membutuhkan dana pinjaman dalam skala besar adalah pinjaman jaminan sertifikat rumah. Ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh para nasabah, ketika menggunakan pinjaman dengan agunan seperti ini, antara lain :

  1. Proses pencairan dana lebih cepat

Keuntungan pertama yang akan nasabah dapatkan ketika mengajukan pinjaman jaminan sertifikat rumah ini adalah proses pencairan yang terbilang cepat. Walaupun dibandingkan dengan agunan jenis lain, seperti logam mulia, proses pencairan yang satu ini terbilang cukup lambat.

Mengingat akan ada proses survei yang harus dilakukan oleh pihak lembaga keuangan, terutama mengecek kondisi rumah yang akan dijadikan agunan tersebut. Selain itu, ada juga proses pengecekan lain, seperti apakah pihak peminjam, dalam hal ini pihak nasabah mampu membayar dana yang dipinjamkan atau tidak.

Yang pasti proses yang akan dilakukan kelak, relatif aman, dan pastinya dapat dipercaya. Karena pihak lembaga keuangan, pastinya akan menggunakan standar prosedur yang berlaku.  

  1. Masa tenor lebih lama

Keuntungan berikutnya yang akan nasabah dapatkan adalah, masa tenor yang lebih lama, atau waktu pinjaman yang diberikan relatif lebih lama. Dalam hal ini berkisar antara 1 hingga 5 tahun. Walaupun ada juga beberapa lembaga penyedia pinjaman yang memberikan tenor yang dapat diperpanjang. Yang artinya batas waktu pinjaman dapat diperpanjang, sesuai dengan kemampuan bayar yang Anda miliki.  

  1. Nilai bunga lebih rendah

Pada dasarnya besaran bunga, yang akan diberikan oleh pihak lembaga keuangan ini berbeda-beda. Namun yang pasti pinjaman dengan agunan rumah seperti ini, termasuk pinjaman jaminan sertifikat bunga rendah.

Namun sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya jika Anda mencari tahu sebelumnya besaran nilai bunga yang ditetapkan oleh lembaga keuangan, dan harus Anda bayar kelak. Untuk informasi seperti ini, Anda dapat mencarinya melalui lembaga keuangan tersebut secara langsung, atau mencari informasinya melalui media online. Hal ini penting, agar tidak membebani keuangan Anda kelak, terutama ketika harus mencicil pinjaman sekaligus bunganya.   

  1. Nilai pinjaman yang diperoleh lebih besar

Keuntungan lain, yang pastinya akan didapat oleh pihak nasabah, ketika mengajukan pinjaman dengan agunan sertifikat rumah adalah, dana pinjaman jaminan sertifikat rumah yang terbilang besar, ketimbang jenis agunan lainnya, seperti pinjaman menggunakan agunan BPKB motor, logam mulia dan yang lainnya.

Namun demikian, Anda sebagai nasabah, tentunya tetap perlu memastikan bahwa nilai nominal pinjaman yang diajukan kelak, memang sesuai dengan kebutuhan, dan juga kemampuan bayar.

Satu hal yang pasti, ketika Anda akan mengajukan pinjaman jaminan sertifikat rumah, pastikan Anda bekerja sama dengan pihak lembaga keuangan yang terpercaya, dan diawasi oleh pihak OJK. Hasilnya rumah Anda akan tetap terjamin keamanannya, selain itu, proses pencairannya juga lebih mudah, tanpa prosedur yang berbelit.

4 Keuntungan Ketika Anda Mengajukan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top