Rkoffy

Manakah Tipe Baja Ringan Kanal U Yang Sesuai Dengan Kebutuhan?

Illustrasi Penggunaan Besi Baja Ringan

Pernahkah Anda mendengar tentang baja ringan kanal u? Penggunaan baja ringan memang akhir-akhir makin sering dipilih karena mudah dan pemasangannya cepat, namun sebenarnya ada berapa banyak model baja ringan yang digunakan dalam dunia konstruksi? Ada beragam variasi baja ringan salah satunya adalah baja ringan profil u atau kanal u.

Baja Ringan Kanal U

Sesuai dengan namanya baja ringan kanal u ini memiliki bentuk menyerupai huruf u, biasanya model besi kanal u digunakan sebagai terusan atau sambungan, jangan salah memilih baja ringan profil u karena ada beragam tipe yang akan Anda temukan di pasaran, jika salah membeli tipe maka bisa saja merugikan Anda dimana baja ringan profil u tersebut tidak bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan, oleh karena itu pastikan Anda sudah mengetahui tipe-tipe baja ringan profil u sebelum membelinya.

Umumnya baja ringan profil u atau kanal UNP dipakai dalam pembangunan gedung-gedung; hotel hingga pabrik, dari beberapa tipe berikut mana yang sekiranya cocok digunakan sesuai dengan kebutuhan?

Tipe-Tipe Baja Ringan Kanal U

Baja ringan kanal u 75 memiliki ukuran 75x40x5, sedangkan panjangnya sekitar 6 meter dan berat dari setiap komponennya berkisar 46 kilogram, selanjutnya adalah baja ringan UNP 12 yang memiliki ukuran 120x55x7 dengan panjang 6 meter, hanya saja beratnya lebih dari ukuran sebelumnya yaitu 80 kilogram.

Masih ada lagi beberapa tipe baja ringan dijual di pasaran, baja ringan kanal u 14 berukuran 140x60x7 dan memiliki panjang 6 meter dengan berat 96 kilogram, kebanyakan baja ringan kanal u memiliki panjang 6 meter, begitu juga dengan tipe UNP 50 yang memiliki ukuran 50x38x5, hanya beratnya lebih ringan dari yang sebelum-sebelumnya yaitu 31 kilogram.

Baja ringan kanal UNP 65 juga memiliki panjang 6 meter namun dengan ukuran yang berbeda yaitu 65x42x5, beratnya dari kanal UNP 65 ini sekitar 45 kilogram, dan baja ringan kanal u yang terakhir adalah kanal U 100 yang memiliki berat 56 kilogram serta berukuran 100x50x5.

Manakah Tipe Baja Ringan Kanal U Yang Sesuai Dengan Kebutuhan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top