Rkoffy

Mengenali Teknik Deep Frying dengan Gas Fryer

Illustrasi Penggunaan Fryer Gas

Menggoreng dengan memakai gas fryer sepertinya bukan hal yang asing lagi. Ya, teknik deep frying memang mulai mengemuka karena memang hasil dari masakan dengan memakai teknik ini lebih renyah dan matang dengan baik. Anda pasti pernah memiliki pengalaman kurang baik ketika menggoreng masakan, kadang bagian luarnya sudah hampir gosong tapi anehnya pada bagian dalam masih tetap saja kurang matang atau mentah.

Inilah mengapa teknik deep frying dianggap menjadi solusi yang baik. Masakan seperti fried chicken biasanya juga akan lebih matang sempurna dengan menggunakan teknik ini. Tekstur dari makanan yang juga lebih renyah dan crunchy akan menjadi sebuah kelebihan tersendiri. Berikut adalah beberapa macam teknik yang bisa Anda ikuti untuk bisa memasak dengan teknik deep frying lebih baik:

  1. Bahan Makanan Kering

Sebelum melakukan proses penggorengan, Anda mesti memastikan terlebih dahulu bahwa bahan makanan yang akan diproses memang benar-benar kering. Hal ini penting dilakukan agar proses penggorengan bisa berjalan dengan baik. Bahan dengan kandungan air yang tinggi saat terkena air bisa menyebabkan cipratan yang tentu saja kurang bagus nantinya saat dilakukan penggorengan dengan menggunakan gas fryer.

  1. Gunakan Suhu yang Pas

Jangan lupa juga untuk menentukan suhu yang tepat. Salah satu kelebihan dengan menggunakan perangkat masak ini adalah kita bisa menetapkan suhu secara konstan dan tidak berlebihan. Anda bisa memilih perangkat dengan daya utama gas karena ada kelebihan terkait dengan pengaturan suhu. Apalagi jika kita melihat harga deep fryer listrik yang relatif lebih mahal, tentu saja opsi dengan menggunakan perangkat dengan sistem gas akan lebih efisien dan menghemat anggaran.

  1. Pilih Jenis Minyak yang Tepat

Jangan lupa untuk memilih jenis minyak yang cocok untuk digunakan dalam teknik deep fry. Minyak yang berasal dari kacang-kacangan seperti kacang kedelai, minyak biji bunga matahari hingga minyak dari kacang tanah juga bisa dicoba. Minyak tersebut bisa digunakan karena memang efektif untuk mempertahankan suhu yang cukup tinggi. Jangan lupa perhatikan juga volume minyak yang akan dipakai. Jangan sampai justru volume minyak kurang sehingga penggorengan tidak maksimal.

  1. Tiriskan Masakan

Langkah yang sebenarnya sudah menjadi kebiasaan tetapi kadang bisa dilupakan adalah meniriskan masakan. Jangan buru-buru memasukkan makanan ke dalam wadah setelah digoreng. Tiriskan terlebih dahulu makanan hingga benar-benar kering baru kemudian simpan. Ini akan mencegah terjadinya kandungan minyak yang terlalu banyak sehingga membuat proses memasak tadi kurang efektif.

Itulah beberapa teknik yang bisa diikuti dalam melakukan deep frying. Jangan mudah tergiur juga dengan harga deep fryer gas murah karena pada beberapa kasus, hasil masakan akan bergantung dari perangkat ini. Pilih gas fryer sesuai standar agar hasil masakan juga maksimal.

Mengenali Teknik Deep Frying dengan Gas Fryer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top