Rkoffy

Keuntungan Jika Menggunakan Jasa Survey Lidar untuk Pemetaan

Ilustrasi Jasa Geografis

Dengan hasil tampilannya yang 3D, pemetaan dengan jasa survey Lidar menjadi salah satu metode yang paling akurat dalam pemetaan. Banyak pihak yang menggunakan jasa ini untuk pemetaan di berbagai sektor. Berikut ini akan dibahas keuntungan jika menggunakan metode Lidar untuk melakukan pemetaan.

1. Pengukuran Tidak Terbatas Pada Bentuk Objek

Metode Lidar mendeteksi objek di  permukaan bumi dengan mengukur pulsa sensor di lokasi target. Oleh karena itu, apapun bentuk bendanya akan selalu terdeteksi oleh sinyal. Bentuk dari objek tersebut tidak akan membatasi kemampuan pengukuran teknologi ini. 

Apalagi, proyeksi 3D akan tetap muncul karena pemindaian lidar. Keunggulan inilah yang membuat layanan survey Lidar begitu populer. Karena bisa diterapkan di berbagai medan, bahkan di medan yang  sulit dan kasar. 

2. Menentukan Elevasi Suatu Permukaan 

Pengguna jasa survey Lidar juga bisa menggunakan teknologi ini untuk mengukur elevasi suatu permukaan. Metode lidar ini  juga dimungkinkan untuk menerapkan teknik mempelajari volume atau volumetrik benda, yang dapat menentukan dimensi benda yang berbeda, termasuk ketinggiannya. 

Hal ini dikarenakan proyeksi  pemindaian lidar dapat ditampilkan dalam 2D ​​atau 3D tergantung pada ukuran yang ingin dilihat pelanggan. Jika memang ingin melihat elevasi suatu permukaan, klien bisa secara khusus meminta pemetaan dalam bentuk 3D. 

3. Melihat Berbagai Bentuk Permukaan Tanah 

Dengan layanan survey lidar, pelanggan juga dapat menjelajahi bentuk permukaan tanah pada bagian yang dipetakan. Bentuk permukaan tanah merupakan suatu aspek yang cukup sulit untuk ditemukan dalam proses pemetaan. 

Terkadang data berupa foto dan video saja tidak cukup untuk mengetahui bentuk permukaan tanah. Karena ada kemungkinan tertutup objek dari udara. Pemindaian lidar akan membantu klien untuk mengetahui bentuk permukaan tanah yang sebenarnya. 

Apakah tanah tersebut sebenarnya rata atau bergelombang. Tampakan tahan yang rata bisa saja sebenarnya memiliki tekstur yang bergelombang dan kurang rata pada bagian bawahnya. Bentuk permukaan tanah yang sebenarnya bisa saja tidak terlihat karena tertutup tanaman serta bebatuan di bagian atasnya. 

4. Penentuan Lokasi Suatu Area 

Layanan pemetaan Lidar bekerja dengan  mengukur jarak objek menggunakan reflektor atau sensor pulsa. Perbedaan waktu kembalinya laser yang dikombinasikan dengan panjang gelombangnya  menghasilkan representasi  3D maupun dengan representasi 2D.

Pengukuran dengan metode ini juga  memungkinkan pelanggan untuk memberikan koordinat pada area yang  dipetakan.  Koordinat ini ditentukan dari titik sensor transmisi pulsa. Jika diterapkan dengan sistem koordinat. Maka akan mudah untuk menandai wilayah dalam suatu pemetaan. 

Itulah beberapa keunggulan pemetaan menggunakan jasa survey Lidar. Metode pemetaan ini memiliki banyak keunggulan lainnya. Jika Anda membutuhkan pemetaan area yang mendalam, profesional dan dilakukan oleh ahlinya, cara ini bisa menjadi pilihan  terbaik yang menawarkan banyak keunggulan.

Keuntungan Jika Menggunakan Jasa Survey Lidar untuk Pemetaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top