Rkoffy

4 Komponen Utama dari Biaya Maklon Skincare

biaya-maklon-skincare

Dalam menentukan biaya maklon skincare sebenarnya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Dan untuk itu, diperlukan beberapa komponen utama yang harus dipahami dalam biaya maklon skincare diantaranya adalah:

Biaya Pembuatan Sample

Ada beberapa pabrik dari maklon skincare yang sebenarnya memberikan ketentuan untuk biaya sample pada pelanggannya. Namun, ada juga sebagian besar lagi beberapa pelanggan akan dikenakan biaya untuk sample. Untuk biaya yang dikenakan juga akan sangat beragam besarnya mulai dari 100 ribu rupiah hingga 3 juta rupiah.

Sebenarnya beberapa pabrik membuat biaya pembuatan sample adalah bentuk pengikat komitmen pelanggan. Pembuatan sample sendiri memang tidak dilakukan secara sembarangan oleh pihak pabrik. Walaupun produk skincarenya sangat sederhana, namun sample produk akan tetap dibuat sesuai dengan SOP yang telah berlaku.

Untuk bahan baku yang digunakan juga tidak semuanya sudah tersedia. Sehingga pihak pabrik maklon skincare biasanya harus membuat permintaan bahan baku untuk skala sample. Dan tak jarang juga pihak pabrik harus membeli bahan baku yang disesuaikan dengan kebijakan dari supllier bahan baku.

Walaupun demikian, ada juga beberapa pabrik yang tidak mengenakan biaya untuk pembuatan sample, namun biasanya pembuatan sample akan menjadi lebih lama.

Biaya Perizinan (BPOM dan Halal)

Komponen kedua dari biaya maklon skincare adalah biaya untuk perizinan. Nah, biaya untuk perizinan memang menjadi komponen biaya yang sangat wajib dan menjadi syarat mutlak jika nantinya produk ini akan dijual. Dan perizinan ini sendiri mencangkup peredaran skincare di Indonesia sebenarnya ada dua jenis yakni pemberitahuan izin edar dan sertifikat halal.

Untuk pemberitahuan izin edar akan dikeluarkan oleh BPOM RI yang mana ini menjadi tanda jika produk skincare sudah terdaftar oleh pihak dari manufaktur dan sudah layak edar. Dan keberadaan ini nomor edar ini juga menjadi tanda jika produk aman dan dibuat sesuai dengan standarnya sehingga bisa diterima oleh BPOM dan bisa dipertanggungjawabkan secara hukum.

Sedangkan untuk sertifikat halal sendiri dikeluarkan oleh BPKPH yang dalam teknisnya sebenarnya dilakukan oleh LPPOM MUI. Nah, untuk mendapatkan sertifikat halal ini, maka pihak pabrik maklon skincare harus memenuhi syarat dokumen dan fasilitas yang sudah ditentukan.

Biaya Produksi

Selanjutnya adalah biaya produksi, dimana dalam biaya produksi Anda harus mempersiapkan biaya untuk tiga hal mulai dari bulk, Kemasan primer dan kemasan skunder. Bulk dan kemasan menjadi sangat penting karena bisa menentukan positioning produk yang dibangun serta menjadi daya tarik sendiri bagi pada calon konsumen Anda.

Biaya Lain-lain (biaya uji lab, biaya transportasi)

Dan komponen terakhir dalam biaya maklon skincare adalah biaya lain selain tiga biaya diatas seperti biaya uji leb, biaya transportasi dan lainnya. Harus Anda ketahui juga jika biaya uji lab menjadi syarat penting agar bisa mendapatkan izin dari BPOM.

4 Komponen Utama dari Biaya Maklon Skincare

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top