Rkoffy

Mengenal Geohidrologi dan Eksplorasi Geohidrologi Untuk Pemanfaat Sumber Daya Air

Ilustrasi eksplorasi

Pemanasan global atau yang sering disebut dengan global warming merupakan masalah yang cukup serius dan sedang kita hadapi saat ini. Banyak faktor yang mempengaruhi adanya pemanasan global itu sendiri, seperti penggundulan hutan, efek rumah kaca, Penggunaan listrik berlebihan dan masih banyak lagi. Untuk itu ilmu geohidrologi sangat dibutuhkan, nah bagi kalian yang penasaran mengenai geohidrologi dan penggunaan jasa eksplorasi geohydrology berikut pembahasannya.

Apa Itu Geohidrologi?

Geohidrologi adalah cabang ilmu dari hidrologi yang mempelajari pergerakan dan penyebaran air dibawah tanahdi bumi ini. Perlu anda tahu pemanfaatan air di seluruh dunia ini belum sepenuhnya maksimal, buktinya masih banyak daerah atau negara yang masih mengalami krisis air bersih. Hal tersebut bisa terjadi karena faktor lingkungan, misalnya tanahnya tandus atau tercemar, bisa juga terjadi karena kurangnya edukasi atau kemampuan untuk mengolah sumber daya air tersebut.

Pengetahuan geohidrologi merupakan salah satu ilmu yang sangat berguna untuk mengatasi pemanasan global ini. Secara spesifik ilmu geohidrologi ini mempelajari bagaimana gerak atau aliran air dibawah tanah, pergerakan air dipengaruhi oleh tingkat kemiringan tanah. Untuk melakukan eksplor geohidrologi ini dibutuhkan izin, namun anda juga dapat menggunakan jasa eksplorasi geohydrology juga.

Apa Itu Eksplorasi Geohidrologi?

Air merupakan bahan galian hal tersebut juga sudah tercantum dalam UU No. 11 tahun 1967. Eksplorasi sumber daya bumi ini merupakan kegiatan untuk menelusuri potensi sumber daya alam yang ada. Dalam eksplorasi geohidrologi terdapat beberapa tahapan penting seperti pemetaan hidrogeologi.

Pada kegiatan eksplorasi geohidrologi ada banyak hal yang harus dilakukan mulai dari mengumpulkan data sumber air, seperti sumur, mata air dengan begitu para tim yang melakukan eksplore akan mempunyai data titik air untuk digunakan pada kegiatan berikutnya.

Setelah mendapatkan data titik mata air, para tim eksplorasi akan mengumpulkan data geometri atau data lingkungan mulai dari bentuk tanah, kemiringan tanah, tipe tanah. Selain mengumpulkan data geometri para tim juga akan mengumpulkan data litologi atau data pengelompokan sekuens batu-batuan. Dari sana para tim eksplorasi akan menganalisisnya dan mencari tau korelasi lokasi untuk pemetaan hidrogeologi.

Tidak sampai disitu saja, para tim juga akan mengumpulkan sampel air dari setiap titik mata air tersebut untuk mengetahui kualitasnya. Tidak hanya melakukan pengambilan data dan analisis, para tim eksplorasi juga melakukan uji pumping dan pecker sumur bor.

Eksplorasi ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, karena membutuhkan ilmu dan pemahaman yang sangat baik mengenai ilmu geohidrologi dan ilmu geologi selain itu dibutuhkan izin untuk melakukan eksplorasi. Namun saat ini anda tidak perlu khawatir jika ingin melakukan eksplorasi geohidrologi, anda bisa menggunakan jasa eksplorasi geohydrology, sekian pembahasaan yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Mengenal Geohidrologi dan Eksplorasi Geohidrologi Untuk Pemanfaat Sumber Daya Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top