Rkoffy

Kelebihan & Kekurangan Menggunakan Baja Ringan Jakarta

konstruksi pembangunan menggunakan rangka baja ringan

Kemajuan saat ini bukan hanya dari segi komunikasi, informasi, teknologi, dalam bidang konstruksi pun juga sangat modern dan canggih.  Berbagai kemudahan sudah difasilitasi dengan material dan peralatan yang lengkap, praktis, dan ringan, seperti rangka baja ringan. Jakarta sebagai ibukota yang menyediakan berbagai macam kebutuhan dan kelengkapan baik dari segi infrastruktur, dan berbagai distributor beragam jenis kebutuhan manusia. Paling mudah mencari distributor, supplier, agen, bahkan toko rangka baja ringan di kota Jakarta. Pembangunan tempat tinggal, pabrik, perkantoran, dan infrastruktur lainnya sudah menggunakan rangka baja ringan dibanding kayu yang jauh lebih mahal harganya. Berikut ini kelebihan menggunakan baja ringan Jakarta yang perlu Anda ketahui:

  1. Kelebihan menggunakan rangka baja ringan sebagai rangka atap bangunan:
  • Bobot rangka baja sangatlah ringan, sehingga mudah dalam pemasangan dan juga tidak memberatkan pada struktur bagian atap.
  • Baja ringan Jakarta ini memang awet dan tahan lama tidak cepat lapuk seperti kayu dan juga anti karat, sehingga terhindar dari dimakan rayap.
  • Rangka baja ringan mempunyai kekuatan leleh dengan minimal 550 Mpa, sehingga tidak mudah terbakar api.
  • Proses dalam pemasangannya akan lebih cepat dibanding menggunakan rangka atap berjenis kayu
  • Tahan terhadap segala bentuk kondisi dan juga cuaca yang tidak menentu, tidak akan cepat memuai ataupun susut, sehingga optimal dalam menopang atap.
  • Harga lebih terjangkau dibanding rangka atap kayu.
  • Rangka baja ringan ini lebih tahan terhadap gempa yang bisa saja terjadi dibanding jenis kayu.
  • Anda dapat menemukan dengan mudah di toko material bangunan yang ada di kota Anda tanpa harus datang ke Jakarta, karena ada banyak agen dan toko yang mengambil barang dari Jakarta. 
  • Baja ringan mempunyai sifat yang lentur dibanding rangka baja konvensional, sehingga baja ringan ini bisa menyerap energi dengan jumlah yang lebih besar.
  • Material rangka baja ringan ini juga bisa dimanfaatkan dalam membuat konstruksi pembangunan yang baru lagi dengan mendaur ulang. Sehingga rangka baja ringan ini termasuk material yang ramah lingkungan.
  1. Kelemahan rangka baja ringan yang perlu diperhatikan:
  • Meskipun, rangka baja memiliki banyak kelebihan, namun material ini juga tidak bisa digunakan pada rumah tertentu seperti rumah yang tinggi.
  • Pemasangan rangka baja ringan menggunakan baut, sehingga pada saat angin kencang resikonya bisa lepas terbawa oleh angin. Sehingga, kurang cocok untuk perumahan yang di pesisir pantai atau yang sering banyak angin.
  • Rangka baja ringan Jakarta ini mempunyai struktur jaringan yang perlu dihitung dengan pas dan matang. Apabila tidak memenuhi syarat keamanan bisa bongkar pasang lagi, sehingga diperlukan ahli khusus dalam pemasangannya. 

Itulah tadi kelebihan dan kelemahan dari rangka baja ringan yang ada di Jakarta, informasi tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam membangun rumah, ruko, ataupun infrastruktur lainnya, baik dalam pemilihan material, tenaga kerjanya, dan masih banyak lagi yang perlu dipersiapkan.

Kelebihan & Kekurangan Menggunakan Baja Ringan Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top