Rkoffy

Tips membeli Genset dan Cara Merawatnya dengan Tepat

perawatan genset

Genset sendiri sering disebut menjadi sumber energi listrik yang akan digunakan setiap listrik padam dimanapun tempatnya, mau kantor, rumah, sampai pertokoan. Dan sebagai kebutuhan yang cukup krusial, pembelian dan perawatan genset pun harus selalu anda pilih dengan tepat.

Dan ada beberapa tips yang harus anda perhatikan dahulu, berikut ulasannya,

Tips dalam Membeli Genset

  1. Memperhatikan Tipe genset

Secara umum terdapat dua tipe, yaitu open dan silent. Tipe open biasanya cocok untuk penempatan outdoor misal pabrik, karena mempunyai tingkat kebisingan cukup tinggi.

Sedangkan untuk genset tipe silent, biasanya menghasilkan tingkat kebisingan rendah. Hal ini karena sudah mempunyai peredam dan cocok digunakan di ruko, bank, kantor, dan semacamnya.

  1. Mengetahui daya Kekuatan yang Anda butuhkan

Selain itu sebelum membeli genset anda harus mengetahui alat apa saja yang akan anda gunakan ketika membutuhkan genset, misalnya lampu, mesin, AC, dan semacamnya. Lalu hitunglah total daya listrik yang sekiranya dibutuhkan, barulah lilih genset yang sesuai.

  1. Memilih genset bergaransi dan Ketersediaan Sparepart

Anda juga lebih baik membeli genset pada tempat yang memberi garansi serta ketersediaan spare part maupun suku cadang yang original. Jadi ketika genset rusak, anda tidak perlu bingung mencari spare part nya.

Jika anda sudah mendapatkan dan membeli genset sesuai kebutuhan, anda harus rajin merawatnya. Lantas, apa saja cara perawatan genset yang harus anda perhatikan saat genset berkeadaan running?

Cara Perawatan genset dan yang Perlu Diperhatikan

  1. Sistem Pembuangan

Ketika keadaan running, anda bisa memeriksa seluruh sistem pembuangan. Periksa juga kebocoran pada semua koneksi, gasket  las, dan join. Juga pastikan jika di pipa knalpot tidak terjadi pemanasan berlebih. Jangan lupa segera perbaiki jika terdapat kebocoran.

  1. Sistem bahan bakar

Jangan lupa juga periksa pasokan bahan bakar. Pastikan jalur untuk bahan bakar tidak bergesekan dengan apapun itu. Periksa jika kebocoran maupun gubah jalur bahan bakar agar dapat menghindari kerusakan.

  1. Sistem Listrik DC (Aki)

Periksalah terminal baterai starting agar bisa memastikan koneksinya kencang dan bersih. Karena koneksi longgar bisa membuat resistensi dan menghambat starting genset.

  1. Mesin

Cara perawatan genset selanjutnya Perhatikanlah level cairan, tekanan oli, sampai suhu radiator secara berkala. Dan jika terdapat masalah di mesin, biasanya akan terdapat peringatan dini. Waspada juga jika terjadi kegagalan, getaran, penurunan kekuatan, dan semacamnya.

  1. Sistem kontrol

Periksalah sistem kontrol teratur, dan pastikan itu adalah log data yang benar saat melakukan pemasangan mesin. Pastikan juga mengembalikan sistem ke normal automatic standby saat pengujian selesai.

Tips membeli dan cara perawatan genset diatas bisa anda lakukan agar mendapat genset yang tepat dan lebih awet dalam penggunaannya.

Tips membeli Genset dan Cara Merawatnya dengan Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top