Rkoffy

Tipe Ecommerce Warehouse Management System

Ilustrasi pengelolaan gudang

Ecommerce warehouse management merupakan pengelolaan gudang yang tepat dengan mencatat seluruh aktivitas gudang termasuk pemasukan maupun pengeluaran barang. Ada beberapa tipe sistem pengelolaan gudang yang memudahkan petugas gudang. Berikut penjelasan singkatnya. 

Standalone WMS

WMS atau warehouse management system merupakan teknik pengelolaan gudang. Sistem yang digunakan pada jaringan bisnis dan perangkat keras ini cukup membantu para pekerja gudang. Harganya cenderung paling terjangkau dibandingkan tipe sistem warehouse lainnya. Kerja sama antara program eksternal dan perangkat lunak memang memudahkan pekerjaan sehingga kerap berhasil. 

Namun hal itu dapat melahirkan masalah baru seperti duplikasi data, informasi yang lambat tidak sesuai real-time dan biaya tambahan konfigurasi. Tipe ecommerce warehouse management yang satu ini lebih cocok digunakan oleh usaha kecil-kecilan sehingga tidak memiliki anggaran perangkat lunak yang besar. 

Sistem ERP

Tipe yang satu ini merupakan sistem khusus yang menawarkan skalabilitas dan eksekusi solid. Sistem ini cukup baik dengan menggabungkan sebagian aplikasi dalam berbagai fungsi pergudangan, supplychain, logistik maupun akuntansi dan HR. Meskipun demikian, fungsi utama dari ERP bukanlah sebagai manajemen gudang. Oleh karena itu Anda harus memilih ERP yang menyediakan fitur manajemen gudang. 

Anda harus memilih tipe e-commerce warehouse management yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Meskipun ada banyak fitur yang serupa, tapi tipe pengelolaan manajemen gudang dibedakan dengan paket dan gaya implementasi yang berbeda. 

Cloudbased WMS

Tipe yang satu ini berbasis cloud dengan model komputasi terpusat pada web menggunakan teknologi cloud. Penyediaan tipe ini sering disertai dengan software as a service yang dikenal memiliki skalabilitas dan penerapan yang cepat. Manfaat yang sama seperti warehousemanagementsystem tradisional tapi versi ini memberikan implementasi yang lebih cepat dengan biaya lebih rendah. 

Penggunaan tipe sistem manajemen ini dapat memulihkan bencana, skalabilitas dan keamanan dengan lebih baik. Sistem ini juga menawarkan pengguna baru dalam menerima pembaruan perangkat lunak secara otomatis tanpa biaya tambahan. Daya saing teknologinya menjadi lebih baik dengan biaya terjangkau. 

Sistem ini sangat tepat digunakan pada bisnis yang memiliki kebutuhan multi lokasi dan menawarkan banyak fleksibilitas dan sistem yang kompleks. Sistem juga dapat beradaptasi dengan kebutuhan bisnis yang meningkatkan produktivitas bisnis. 

Supply ChainExecution

Tipe warehousemanagement yang satu ini memiliki cakupan lebih luas dan dapat membantu pengguna dalam mengelola berbagai aspek dari pasokan. Anda bisa menggunakan modul rantai pasokan untuk mengelola sistem pergudangan dengan berinvestasi dalam aplikasi dengan fitur pergudangan. 

Apabila tertarik untuk menggunakan software warehouse management system, pastikan memilih tipe yang tepat sesuai dengan bisnis Anda. Itulah penjelasan singkat mengenai tipe ecommerce warehouse management.

Tipe Ecommerce Warehouse Management System

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top